Syarat dan Ketentuan Berlangganan

Last modified: Mar 13 2022

Syarat dan Ketentuan Umum (selanjutnya disebut sebagai "SKU") MILENETWORK adalah ketentuan yang berisikan syarat dan ketentuan mengenai penggunaan produk, jasa, teknologi, layanan yang diberikan oleh MILENETWORK sepanjang tidak diatur secara khusus sebagaimana tercantum pada situs web MILENETWORK dengan alamat situs https://MILENETWORK.co.id, merupakan satu kesatuan tidak terpisahkan dan persetujuan atas SKU ini.

Dengan mendaftar menjadi PELANGGAN MILENETWORK, Anda menyatakan telah MEMBACA, MEMAHAMI, MENYETUJUI dan MEMATUHI Persyaratan dan Ketentuan dibawah. Anda disarankan membaca semua persyaratan dan ketentuan secara seksama sebelum menggunakan layanan MILENETWORK atau segala layanan yang diberikan, dan bersama dengan ini Anda setuju dan mengikatkan diri terhadap seluruh kegiatan dalam SKU ini dengan persyaratan dan ketentuan sebagai berikut:

DEFINISI

  1. Formulir Berlangganan adalah dokumen berupa formulir yang diisi dan ditandatangani oleh PELANGGAN dan berlaku mengikat bagi PARA PIHAK.
  2. Layanan adalah jasa yang diberikan oleh MILENETWORK kepada PELANGGAN, yaitu penyediaan Barang dan/atau penggunaan perangkat lunak sesuai dengan Formulir Langganan yang telah disetujui dan termasuk didalamnya adalah perawatan terhadap perangkat keras dan perangkat lunak atau Aset yang digunakan dalam memenuhi jasa ini.
  3. Perangkat adalah Barang dan Perangkat lunak terdaftar yang digunakan oleh PELANGGAN untuk memenuhi Layanan yang dipasangkan dan/atau dikonfigurasi oleh MILENETWORK di Lokasi Pemasangan sebagaimana yang tercantum dalam tabel 1. Data PELANGGAN Formulir Berlangganan ini ini.
  4. Konfigurasi Aset adalah pemasangan ataupun instalasi Aset baik secara perangkat keras maupun perangkat lunak yang terkait atas Aset tersebut agar dapat beroperasi sebagaimana mestinya dan dapat dimanfaatkan oleh PELANGGAN.
  5. Lokasi Pemasangan adalah wilayah atas perangkat keras dan perangkat lunak milik MILENETWORK yang ditempatkan untuk memenuhi Layanan Internet dari PELANGGAN seabgaimana yang tercantum dalam tabel 1. Data PELANGGAN Formulir Berlangganan ini tidak dapat diubah-ubah secara sepihak oleh PELANGGAN tanpa persetujuan secara tertulis dari MILENETWORK.
  6. Berita Acara Serah Terima / Aktivasi adalah dokumen yang ditandatangai PARA PIHAK digunakan sebagai awal dimulainya penggunaan Layanan Internet yang merupakan bagian tidak terpisahkan PERJANJIAN ini serta mempunyai kekuatan hukum yang sama.
  7. Jangka Waktu Berlangganan adalah durasi waktu yang telah disetujui oleh PARA PIHAK untuk setiap Layanan sebagaimana tercantum dalam Formulir Langganan dan/atau Berita Acara.
  8. Biaya Bulanan adalah biaya-biaya yang timbul karena adanya penggunaan Layanan ini dan yang didasarkan pada tanggal awal dimulainya penggunaan Layanan sebagaimana tercantum dalam Berita Acara yang dibebankan kepada PELANGGAN.
  9. Biaya Pemasangan adalah biaya 1 (satu) kali untuk pemasangan Aset di Lokasi Pemasangan yang dibayarkan oleh PELANGGAN.
  10. Gangguan adalah suatu keadaan yang menyebabkan Layanan tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan setelah dilakukan pengukuran secara teknis ditemukan adanya kerusakan.
  11. Hari adalah setiap hari sebagaimana tercantum dalam Kalender Tahun Masehi tanpa terkecuali.
  12. Hari Kerja adalah hari dan waktu (sejak Pkl. 09.00-17.00) untuk MILENETWORK melakukan atau resmi beroperasi, yaitu hari-hari yang bukan hari Sabtu dan Minggu atau Hari Libur Nasional/Umum yang dikukuhkan di wilayah Republik Indonesia.
  13. Informasi Rahasia adalah informasi yang tidak mencakup informasi yang (1) merupakan atau menjadi bagian dari ranah publik karena ketiadaan tindakan atau kelalaian dari Pihak lainnya; (2) berada dalam kepemilikian yang sah Pihak lainnya sebelum saat pengungkapan dan belum didapatkan oleh Pihak lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung dari Pihak yang mengungkapkan; (3) telah diungkapkan secara sah kepada Pihak lain oleh Pihak ketiga tanpa batasan mengenai pengungkapan tersebut; atau (4) secara bebas dikembangkan oleh Pihak lainnya.
  14. Managed Service adalah sistem pengelolaan, pengaturan, pemeliharaan serta penyedia sebagian dan/atau semua perangkat keras maupun lunak jaringan internet yang diatur lebih lanjut dalam Perjanjian (jika ada).
  15. Pengakhiran adalah pemutusan sepihak oleh PELANGGAN kepada MILENETWORK terhadap Layanan ini dikarenakan adanya wanprestasi atau kesepakatan PARA PIHAK.
  16. Tanggal Penerimaan adalah tanggal dokumen pemberitahuan dikirim oleh salah satu Pihak. Perhitungan tanggal penerimaan adalah dihari pada tanggal pengiriman jika dikirimkan pada tanggal yang termasuk Hari Kerja atau dua (2) Hari setelah tanggal pengiriman jika dikirim pada tanggal yang tidak termasuk hari kerja.
  17. Jaminan Tingkat Layanan / SLG (Service Level Guaranteed) adalah jaminan mutu/kualitas atas jasa dan layanan MILENETWORK yang diberikan kepada PELANGGAN.

PERSYARATAN PENDAFTARAN PELANGGAN

  1. INFORMASI DAN DATA PELANGGAN
    1. Syarat menjadi PELANGGAN adalah:
      1. Setuju dan sepakat untuk tunduk pada Syarat dan Ketentuan Umum ini;
      2. Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun, atau telah menikah; dan
      3. Memiliki identitas yang sah secara hukum.
    2. Atas setiap proses registrasi, calon PELANGGAN wajib memberikan semua dan setiap data sesuai dengan identitas, apabila perorangan berupa:
      1. Nama (sesuai dengan Identitas diri yang dilampirkan);
      2. Alamat sesuai identitas;
      3. Alamat penagihan;
      4. Lokasi Pemasangan;
      5. Nomor telepon atau Handphone (nomor harus aktif dan digunakan secara pribadi);
      6. Tempat dan tanggal lahir (sesuai dengan identitas diri yang dilampirkan);
      7. Kewarganegaraan;
      8. Jenis kelamin;
      9. Foto kartu identitas yang masih berlaku. Kartu identitas yang dapat digunakan adalah: Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Surat Ijin Mengemudi (SIM) Paspor / Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) / Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAP);
      10. Pekerjaan; dan
      11. E-mail (alamat surat elektronik) yang aktif.
    3. Apabila badan usaha/badan hukum berupa:
      1. Nama badan usaha/badan hukum;
      2. Akta Pendirian dan Perubahan terakhir; (bila diperlukan)
      3. Nama Penanggung Jawab;
      4. Alamat sesuai identitas badan usaha/badan hukum;
      5. Alamat penagihan;
      6. Lokasi Pemasangan;
      7. Nomor telepon atau Handphone (nomor harus aktif dan digunakan secara pribadi oleh penanggung jawab badan usaha/badan hukum);
      8. Salinan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Ijin Usaha yang berlaku; (bila diperlukan)
      9. Foto kartu identitas penanggung jawab yang masih berlaku. Kartu identitas yang dapat digunakan adalah: Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Surat Ijin Mengemudi (SIM) / Paspor / Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) / Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAP);
      10. E-mail (alamat surat elektronik) penanggung jawab yang aktif. dan/atau segala sesuatu yang diminta dan diperlukan berkenaan dengan syarat registrasi yang ditentukan, dan calon PELANGGAN dengan ini menya takan serta menjamin bahwa segala data/keterangan/dokumen/informasi/pernyataan apapun yang diberikan berkenaan dengan proses registrasi sebagai PELANGGAN MILENETWORK adalah lengkap, asli, benar dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya serta merupakan data/keterangan/dokumen/informasi /pernyataan terkini yang tidak/belum dilakukan perubahan dan masih berlaku serta tidak/belum ada perubahan atau kondisi lainnya yang disetujui berdasarkan kebijakan SKU.
    4. PELANGGAN dengan ini setuju bahwa proses menjadi PELANGGAN MILENETWORK hanya akan berlaku efektif setelah seluruh persyaratan MILENETWORK dipenuhi oleh PELANGGAN dan proses registrasi telah melalui proses verifikasi untuk disetujui MILENETWORK.
    5. Seluruh data, keterangan, informasi, pernyataan, dokumen yang diperoleh MILENETWORK berkenaan dengan PELANGGAN, akan menjadi milik MILENETWORK dan MILENETWORK berhak untuk melakukan verifikasi, mencocokan, menilai, merahasiakan atau menggunakannya untuk kepentingan MILENETWORK sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku tanpa adanya kewajiban MILENETWORK untuk memberitahu atau meminta persetujuan, Memberikan jaminan atau ganti rugi dan dengan alasan apapun kepada PELANGGAN.
    6. MILENETWORK akan mengatur, mengelola dan melakukan pengawasan menurut tata cara/prosedur yang ditetapkan MILENETWORK atas segala data, keterangan, informasi, pernyataan, dokumen atau segala sesuatu yang berkenaan dengan PELANGGAN yang tercantum dalam Formulir Berlangganan ini.
    7. PELANGGAN dengan ini memberikan persetujuan dan kuasa kepada MILENETWORK untuk menggunakan data berupa NPWP, KTP, dokumen pendukung, dan seluruh data dalam formulir ini yang diperoleh MILENETWORK mengenai PELANGGAN untuk keperluan administrasi.
    8. PELANGGAN setuju tidak akan menggunakan layanan yang disediakan oleh MILENETWORK untuk melakukan tindakan kriminal atau tindakan lain yang dilarang oleh hukum dalam bentuk apapun, termasuk namun tidak terbatas pada, perjudian, pembelian barang ilegal, kegiatan teroris atau kegiatan hacking. PELANGGAN yang memanfaatkan layanan MILENETWORK untuk melakukan kegiatan yang melanggar hukum yang mengakibatkan kerugian terhadap MILENETWORK harus memberikan ganti kerugian dan bersedia untuk menanggung segala akibat hukum yang menyertainya.
  2. PERUBAHAN DATA PELANGGAN
    1. Perubahan Data PELANGGAN

      Setiap PELANGGAN yang melakukan perubahan data dari yang sebelumnya telah diberikan kepada MILENETWORK wajib untuk memberikan pemberitahuan kepada MILENETWORK melalui e-mail maupun secara salinan asli formulir yang wajib dikirim ke alamat Kantor MILENETWORK disertai dengan melampirkan data-data yang dilakukan perubahan baik berupa nama perusahaan, alamat perusahaan, layanan, harga, jangka waktu atau hal-hal lain yang berkaitan dengan layanan PELANGGAN.

    2. Perubahan Data Pendukung

      Perubahan dan Pembaharuan Data Pendukung wajib dilakukan oleh PELANGGAN terhadap data berupa nomor telepon, alamat e-mail dan data pendukung lainnya sesuai dengan kondisi terkini. Perubahan dan Pembaharuan Data dilakukan dengan melakukan pengiriman Formulir Perubahan Data melalui e-mail dengan subjek "Perubahan Data" ke e-mail MILENETWORK yang tertera dalam ketentuan mengenai Korespondensi. Untuk selanjutnya, MILENETWORK akan memberikan notifikasi dengan menghubungi nomor telepon utama atau nomor telepon alternatif PELANGGAN.

RUANG LINGKUP LAYANAN MILENETWORK

  1. Ruang Lingkup Layanan

    MILENETWORK merupakan penyedia fasilitas layanan jasa yang dipilih dan digunakan oleh PELANGGAN.

  2. Ruang Lingkup Teknis

    Layanan yang disediakan oleh MILENETWORK kepada PELANGGAN berupa:

    1. Penyediaan Perangkat;
    2. Pemasangan;
    3. Pengaturan/Konfigurasi;
    4. Pemeliharaan; dan
    5. Penyediaan Dukungan.

LAYANAN

  1. Penyediaan Perangkat

    MILENETWORK meminjamkan perangkat yang diperlukan demi penyelenggaraan Layanan kepada PELANGGAN. Daftar Perangkat yang dipinjamkan kepada PELANGGAN sebagaimana yang tercantum dalam Berita Acara Serah Terima, Apabila terdapat keperluan perangkat di luar daftar yang telah disebutkan diatas maka PELANGGAN akan membeli perangkat yang diperlukan sesuai dengan yang disebutkan dalam Formulir Berlangganan.

  2. Pemasangan

    Untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan Layanan, maka kegiatan pemasangan perangkat hanya dapat dilakukan oleh MILENETWORK dengan dikenai biaya pemasangan sebagaimana yang tercantum dalam tabel 4. Detil Biaya Formulir Berlangganan ini.

  3. Pengaturan/Konfigurasi

    Untuk menjamin didapatkannya pengaturan perangkat yang maksimal, Pengaturan/Konfigurasi perangkat hanya dapat dilakukan oleh MILENETWORK sebagai pihak penyelenggara layanan. Apabila dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh MILENETWORK terbukti bahwa Perangkat dikonfigurasi oleh pihak lain selain MILENETWORK, maka PELANGGAN akan dikenai denda sebesar 10% dari Biaya Bulanan yang akan diakumulasikan dengan Biaya Bulanan berikutnya. PELANGGAN bertanggungjawab penuh atas terjadinya malfungsi dan/atau kesalahan kerja perangkat yang diakibatkan oleh Pengaturan/Konfigurasi yang dilakukan oleh pihak lain selain MILENETWORK.

  4. Pemeliharaan

    MILENETWORK akan melakukan pemeliharaan yang diperlukan terhadap perangkat yang terpasang di Lokasi Pemasangan yang dilakukan baik secara remote maupun pemeliharaan secara langsung di Lokasi.

HAK & KEWAJIBAN PARA PIHAK

  1. Hak PELANGGAN

    Selama berlangsungnya Formulir Berlangganan ini, PELANGGAN memiliki hak-hak sebagai berikut:

    1. Mendapatkan dan memanfaatkan layanan MILENETWORK sesuai dengan permintaan PELANGGAN yang tertulis dalam Formulir Berlangganan dan
    2. SKU ini selama 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu sesuai dengan jangka waktu berlangganan sebagaimana yang diatur
    3. dalam ketentuan Jaminan Tingkat Layanan.
    4. Mendapatkan informasi mengenai teknis dan layanan-layanan umum yang disediakan oleh MILENETWORK.
    5. Mendapatkan Jaminan Tingkat Layanan MILENETWORK sesuai dengan yang diatur dalam SKU ini.
    6. Mengajukan klaim tagihan kepada MILENETWORK apabila nilai tagihan tidak sesuai dengan yang telah disepakati.
    7. Mendapatkan restitusi Biaya Bulanan apabila layanan MILENETWORK tidak dapat mencapai dan/atau memenuhi ketentuan Jaminan Tingkat Layanan.
  2. Kewajiban PELANGGAN

    Selama berlangsungnya Formulir Berlangganan, PELANGGAN memiliki kewajiban sebagai berikut:

    1. Melakukan pembayaran atas biaya pemasangan, biaya bulanan, maupun biaya lain yang diperlukan dalam penyediaan layanan MILENETWORK sesuai
    2. dengan ketentuan SKU.
    3. Menyediakan fasilitas pendukung sebagai sumber daya dan lokasi pemasangan perangkat MILENETWORK di Lokasi Pemasangan.
    4. Memberikan izin kepada MILENETWORK untuk melakukan pemasangan, perawatan, dan/atau perbaikan perangkat MILENETWORK
    5. di Lokasi Pemasangan.
    6. Melakukan perawatan terhadap perangkat MILENETWORK yang dipasang di Lokasi Pemasangan agar selalu dalam keadaan baik atas biaya PELANGGAN.
    7. Memberikan laporan kepada MILENETWORK apabila terdapat gangguan terhadap layanan MILENETWORK.
    8. Memberikan pemberitahuan kepada MILENETWORK apabila PELANGGAN bermaksud untuk melakukan penghentian sementara atau pemutusan berlangganan terhadap layanan MILENETWORK.
    9. Mengembalikan Aset milik MILENETWORK yang dipasang di Lokasi Pemasangan, apabila PELANGGAN berhenti berlangganan layanan MILENETWORK.
  3. Hak MILENETWORK

    Selama berlangsungnya Formulir Berlangganan, MILENETWORK memiliki hak-hak sebagai berikut:

    1. Memberikan tagihan/invoice biaya pemasangan, biaya bulanan, dan/atau biaya-biaya lainnya kepada PELANGGAN berdasarkan SKU ini.
    2. Menerima pembayaran atas biaya pemasangan, biaya bulanan, maupun biaya-biaya lain yang diperlukan dalam penyediaan layanan MILENETWORK sesuai dengan ketentuan SKU.
    3. Meminta PELANGGAN untuk menyediakan fasilitas pendukung berupa sumber daya maupun lokasi pemasangan di Lokasi Pemasangan.
    4. Mendapatkan izin untuk melakukan pemasangan perangkat MILENETWORK di Lokasi Pemasangan tanpa dikenai biaya apapun.
    5. Melakukan penyesuaian, perubahan layanan dan/atau perubahan-perubahan lainnya yang berkaitan dengan layanan yang disediakan oleh MILENETWORK demi peningkatan nilai tambah maupun keamanan layanan kepada PELANGGAN dengan terlebih dahulu memberikan pemberitahuan kepada PELANGGAN mengenai hal-hal umum yang diubah paling lama 3 (tiga) hari sebelum dilakukannya perubahan.
    6. Menolak permintaan layanan MILENETWORK yang diajukan oleh PELANGGAN apabila permintaan yang diajukan oleh PELANGGAN tidak sesuai dengan ketentuan teknis MILENETWORK.
    7. Melakukan pemeriksaan aset MILENETWORK yang terpasang di Lokasi Pemasangan untuk kepentingan perawatan maupun memastikan layanan MILENETWORK berjalan dengan baik dan maksimal.
    8. Memberikan sanksi dan/atau denda atas setiap pelanggaran perjanjian yang dilakukan oleh PELANGGAN.
    9. Melakukan pengelolaan terhadap aset maupun sistem jaringan layanan MILENETWORK yang merupakan milik MILENETWORK.
    10. Melakukan pengambilan atas seluruh aset milik MILENETWORK yang dipasang dan/atau dipinjamkan kepada PELANGGAN dalam rangka penyelenggaraan layanan MILENETWORK setelah perjanjian berlangganan berakhir.
  4. Kewajiban MILENETWORK

    Selama berlangsungnya Formulir Berlangganan, PELANGGAN memiliki kewajiban sebagai berikut:

    1. Menyediakan layanan MILENETWORK di Lokasi Pemasangan atas permintaan PELANGGAN selama 24 (dua puluh empat) jam sehari dan 7 (tujuh) hari seminggu sesuai dengan Formulir Berlangganan dan SKU.
    2. Memberikan informasi mengenai teknis dan layanan-layanan umum MILENETWORK kepada PELANGGAN.
    3. Memberikan Jaminan Tingkat Layanan sebagaimana SKK masing - masing Jenis Layanan yang dipilih oleh PELANGGAN termasuk namun tidak terbatas pada perbaikan terhadap gangguan pada layanan MILENETWORK berdasarkan ketentuan Jaminan Tingkat Layanan maupun ketentuan teknis SKU ini.
    4. Memberikan pemberitahuan secara lisan dan/atau tertulis kepada PELANGGAN atas jangka waktu berlangganan yang akan berakhir.
    5. Memberikan kompensasi kepada PELANGGAN apabila Jaminan Tingkat Layanan yang ditentukan dalam SKU ini tidak dapat dipenuhi.
    6. Melakukan tindak lanjut secara maksimal laporan PELANGGAN atas terjadinya gangguan/kerusakan atas layanan yang disediakan oleh MILENETWORK.
    7. Melakukan tindak lanjut atas permintaan PELANGGAN untuk menghentikan layanan MILENETWORK secara sementara ataupun pengakhiran perjanjian berlangganan.

LARANGAN

Untuk menjaga kualitas dari layanan yang disediakan oleh MILENETWORK, PELANGGAN dilarang untuk melakukan hal-hal yang termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Pengalihan, pemindahtanganan, dan/atau penjualan perangkat milik MILENETWORK kepada pihak ketiga;
  2. Penjualan kembali sebagian maupun keseluruhan layanan MILENETWORK kepada pihak ketiga dalam bentuk apapun tanpa izin MILENETWORK;
  3. Pemindahan dan/atau modifikasi apapun terhadap perangkat maupun jaringan milik MILENETWORK;
  4. Menggunakan layanan MILENETWORK untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan pihak manapun dan/atau ilegal, seperti:
    1. Mengganggu dan/atau merusak jaringan maupun sistem komputer pihak manapun;
    2. Melakukan pelanggaran Kekayaan Intelektual milik pihak manapun; dan
    3. Tindakan-tindakan lain yang dilarang oleh Peraturan Perundang-Undangan.
  5. Memberikan gratifikasi berupa uang, benda, barang, jasa secara cuma-cuma, diskon dan bentuk kemudahan lainnya kepada karyawan, afiliasi, mitra bisnis dari MILENETWORK yang bertugas sebagai representasi MILENETWORK dalam memberikan jasa Managed Service kepada PELANGGAN.

BIAYA TERHADAP KERUSAKAN DAN/ATAU KEHILANGAN PERANGKAT

  1. Perangkat yang dipasang di Lokasi Pemasangan PELANGGAN merupakan perangkat milik MILENETWORK yang karenanya PELANGGAN bersedia untuk merawat dan menjaga perangkat tersebut dan apabila terjadi kerusakan dan/atau kehilangan yang disebabkan oleh kelalaian PELANGGAN, maka PELANGGAN wajib mengganti perangkat milik MILENETWORK dengan harga perangkat saat kerusakan/kehilangan terjadi paling lambat 14 (empat belas) hari kalender sejak kejadian rusak atau hilang tersebut.
  2. MILENETWORK akan menanggung biaya penggantian perangkat MILENETWORK yang berada di lokasi pemasangan PELANGGAN selama PELANGGAN membayar biaya sewa.

TANGGUNG JAWAB

  1. Tanggung Jawab PELANGGAN
    1. PELANGGAN bertanggung jawab penuh atas setiap penggunaan layanan MILENETWORK oleh siapapun dan atau pihak manapun yang di Lokasi pemasangan PELANGGAN termasuk namun tidak terbatas pada anggota keluarga, karyawan, penghuni, dan/atau pihak ketiga lainnya.
    2. PELANGGAN bertanggung jawab penuh atas seluruh perangkat milik MILENETWORK yang terpasang di Lokasi Pemasangan PELANGGAN demi
    3. kelangsungan layanan MILENETWORK yang baik dan maksimal.
  2. Tanggung Jawab MILENETWORK
    1. MILENETWORK bertanggung jawab atas layanan yang diberikan kepada PELANGGAN dan oleh karenanya MILENETWORK memberikan Jaminan Tingkat Layanan (SLG) kepada PELANGGAN.
    2. MILENETWORK bertanggung jawab atas terjadinya kerusakan perangkat yang terjadi bukan karena kelalaian PELANGGAN ataupun Force Majeure.

BATASAN TANGGUNG JAWAB

MILENETWORK dilepaskan dari segala tanggung jawab atas restitusi maupun kerugian yang ditanggung oleh PELANGGAN, baik kerugian langsung maupun tidak langsung sebagai akibat dari gangguan layanan MILENETWORK yang disebabkan oleh:

  1. Kerusakan/gangguan layanan MILENETWORK akibat kelalaian PELANGGAN
  2. Kerusakan/gangguan layanan MILENETWORK akibat Force Majeure.

KELALAIAN (WANPRESTASI)

  1. PELANGGAN sepakat bahwa yang dimaksud dengan Kelalaian (Wanprestasi) adalah hal atau peristiwa sebagai berikut:
    1. Kelalaian (Wanprestasi).
    2.  Apabila PELANGGAN lalai dalam melaksanakan sesuatu kewajiban atau melanggar suatu ketentuan dalam SKU.
    3. Pernyataan Tidak Benar.
    4. Bilamana ternyata bahwa suatu pernyataan atau jaminan yang diberikan oleh PELANGGAN dalam SKU tidak benar atau tidak sesuai dengan kenyataannya.
  2. Dalam hal terjadi kelalaian oleh PELANGGAN sebagaimana dimaksud di atas, maka MILENETWORK berhak dengan seketika melakukan penonaktifan layanan MILENETWORK tanpa harus melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada PELANGGAN, dan PELANGGAN dengan ini setuju bahwa MILENET- WORK tidak akan Memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada PELANGGAN atau pihak manapun atas segala tuntu- tan dan atau gugatan dan atau klaim dan atau permintaan ganti kerugian dari pihak manapun yang mungkin timbul sehubungan dengan terjadinya kelala- ian yang dilakukan oleh PELANGGAN.

JANGKA WAKTU

  1. JANGKA WAKTU
    1. Apabila tidak ditentukan lain dalam Formulir Berlangganan, maka jangka waktu berlangganan adalah selama 12 (dua belas) bulan.
    2. Jangka Waktu Berlangganan dihitung sejak tanggal Aktivasi yang tertera dalam Berita Acara Serah Terima / Aktivasi.
    3. Dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sebelum berakhirnya jangka waktu berlangganan, MILENETWORK akan memberikan pemberitahuan sebanyak 3 (tiga) kali per bulan secara lisan dan/atau tertulis mengenai akan segera berakhirnya Jangka Waktu Berlangganan.
  2. Perubahan, Perpanjangan & Pengakhiran
    1. Apabila PELANGGAN menghendaki untuk dilakukannya perubahan atau penggantian layanan, maka PELANGGAN wajib untuk mengisi Formulir Perubahan Data sebagaimana ketentuan 2.2 Perjanjian ini yang juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan serta mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan Formulir Berlangganan sebelumnya.
    2. Apabila dalam jangka waktu paling lambat 14 (empat belas) hari sebelum tanggal berakhirnya Jangka Waktu Berlangganan, PELANGGAN tidak mem berikan tanggapan apapun, maka PELANGGAN dianggap setuju dan sepakat untuk melakukan Perpanjangan Berlangganan selama 12 (dua belas) bulan.
    3. Dalam hal PELANGGAN menghendaki untuk dilakukannya Pengakhiran Berlangganan, maka PELANGGAN wajib untuk memberikan pemberitahuan kepada MILENETWORK paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal Pengakhiran Berlangganan disertai dengan penandatanganan formulir pengakhiran dan mengembalian seluruh perangkat milik MILENETWORK yang dipinjamkan kepada PELANGGAN sesuai jadwal pencabutan perangkat dari MILENETWORK.
    4. Dalam hal MILENETWORK gagal memenuhi minimum Tingkat Jaminan Layanan sebagaimana ketentuan dalam Formulir Berlangganan ini selama 3 (tiga) bulan berturut-turut berdasarkan persamaan laporan dan bukti-bukti tertulis dari kedua belah pihak, maka PELANGGAN dapat mengakhiri jasa dan fasilitas MILENETWORK dengan menandatangani Formulir Berhenti Berlangganan dari MILENETWORK terlebih dahulu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum tanggal pengajuan pengakhiran berlangganan.
    5. Apabila PELANGGAN mengakhiri berlangganan sebelum Jangka Waktu Berlangganan berakhir (sebagaimana yang tercantum dalam Formulir Berlangganan ini) :
      1. Sebelum tanggal Berita Acara Aktivasi, maka PELANGGAN wajib membayar biaya pemasangan.
      2. Setelah tanggal Berita Acara Aktivasi, maka PELANGGAN wajib membayar seluruh sisa Biaya Bulanan hingga akhir jangka waktu Formulir Berlangganan (sebagaimana yang tercantum dalam formulir berlangganan), terhitung sejak tanggal pengajuan Pengakhiran Formulir Berlangganan.
    6. MILENETWORK berhak untuk menghentikan penyediaan layanan secara sepihak apabila PELANGGAN melakukan pelanggaran atau wanprestasi terhadap ketentuan-ketentuan yang diatur dalam SKU ini tanpa menghapuskan kewajiban-kewajiban biaya yang dikenakan kepada PELANGGAN.

SANKSI DAN DENDA

  1. Apabila PELANGGAN melakukan keterlambatan pembayaran biaya berlangganan maka PELANGGAN dikenakan denda sebesar 1% (satu permil) per hari dari total biaya bulanan.
  2. Apabila PELANGGAN melakukan suatu kegiatan yang menyebabkan terjadinya perubahan terhadap Sistem Perangkat Lunak, maka PELANGGAN akan dikenakan denda sebesar sesuai dengan biaya yang telah ditetapkan dalam SKU ini.
  3. Apabila PELANGGAN melakukan suatu kegiatan yang menyebabkan terjadinya perubahan terhadap Sistem Perangkat Keras seperti ketidaksesuaian pene-mpatan Perangkat milik MILENETWORK dengan yang disepakati, maka tindakan ini menjadi tanggung jawab PELANGGAN sepenuhnya dan PELANGGANmembebaskan MILENETWORK dari segala tuntutan atau kerugian yang diderita PARA PIHAK yang timbul akibat Kegiatan ini.
  4. Apabila rusak dan/atau hilangnya perangkat milik MILENETWORK disebabkan karena kelalaian PELANGGAN, maka tindakan ini menjadi tanggung jawabPELANGGAN sepenuhnya dan PELANGGAN membebaskan MILENETWORK dari segala tuntutan atau kerugian yang diderita PARA PIHAK yang timbul akibat Kegiatan ini.
  5. Apabila terjadi Kerugian, Kehilangan, dan/atau Kerusakan akibat Illegal seperti kegiatan Peretasan (Hacking), Penipuan, Pemalsuan Data, dan sejenisnya yang dilakukan oleh PELANGGAN, maka tindakan ini menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari PELANGGAN dan PELANGGAN membebaskan MILENET- WORK dari segala tuntutan atau kerugian yang diderita PELANGGAN dan/atau pihak lain yang timbul akibat Kegiatan ini.
  6. Dalam hal saat dilakukan pemeriksaan oleh MILENETWORK, PELANGGAN tidak dapat menunjukkan perangkat yang telah dipinjamkan oleh MILENETWORK, maka perangkat dianggap hilang dan PELANGGAN dikenai denda sesuai dengan ayat 4 Pasal ini.
  7. Setelah berakhirnya Jangka Waktu Berlangganan, PELANGGAN wajib mengembalikan perangkat milik MILENETWORK yang telah dipinjamkan kepada PEL-ANGGAN dalam jangka waktu paling lambat 5 (lima) Hari Kerja dan apabila PELANGGAN tidak dapat mengembalikan perangkat tersebut, maka perangkat dianggap telah hilang dan PELANGGAN dikenai denda sesuai dengan ayat 4 Pasal ini.
  8. Pelanggaran yang dilakukan oleh PELANGGAN terhadap ketentuan dalam Formulir Berlangganan ini akan mengabikatkan diberikannya sanksi berupa pe-nonaktifan layanan secara sementara maupun permanen yang disertai dengan pengambilan perangkat yang dipinjamkan MILENETWORK kepada PELANGGAN.
  9. Penonaktifan sementara akan dicabut setelah PELANGGAN melaksanakan seluruh kewajiban-kewajibannya.
  10. Apabila PELANGGAN tidak melakukan pembayaran biaya bulanan selama 45 (empat puluh lima) hari sejak waktu jatuh tempo pembayaran karena sebab apapun, maka MILENETWORK berhak untuk melakukan pencabutan, dan/atau pengakhiran Layanan karena wanprestasi.
  11. Memberikan sanksi dan/atau denda kepada PELANGGAN oleh MILENETWORK karena pelanggaran ketentuan tidak menghapuskan kewajiban PELANGGAN dan/atau bekas PELANGGAN untuk membayarkan denda maupun utang yang belum dibayarkan oleh PELANGGAN dan/atau bekas PELANGGAN.

PAJAK

Setiap pajak yang timbul atas pelaksanaan perjanjian ini akan ditanggung oleh masing-masing pihak, dalam hal ini PELANGGAN dan MILENETWORK. PELANGGAN dapat melakukan konsultasi pembayaran pajak kepada Konsultan Pajak Pribadi, dan MILENETWORK tidak menanggung pajak PELANGGAN kecuali ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini.

KEADAAN KAHAR/FORCE MAJEURE

  1. Yang dimaksud dengan Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang terjadi di luar kemampuan dan kekuasaan PELANGGAN ataupun MILENETWORK sehingga mempengaruhi pelaksanaan transaksi antara lain namun tidak terbatas pada:
    1. Gempa bumi, angin topan, banjir, tanah longsor, gunung meletus dan bencana alam lainnya;
    2. Perang, demonstrasi, huru-hara, terorisme, sabotase, embargo, dan pemogokan massal;
    3. Gangguan internet, pemadaman listrik dan pemutusan telekomunikasi yang tidak disebabkan oleh Pihak yang berkewajiban;
    4. Kebijakan Pemerintah yang mempengaruhi kegiatan usaha Para Pihak; dan/atau
    5. Peristiwa lain di luar kendali pihak yang berkewajiban.
  2. Sepanjang MILENETWORK telah melaksanakan segala kewajibannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehubungan dengan terjadinya Force Majeure tersebut, maka MILENETWORK tidak akan memberikan ganti rugi dan atau pertanggungjawaban dalam bentuk apapun kepada PELANGGAN atau pihak lain manapun atas segala risiko, tanggung jawab dan tuntutan apapun yang mungkin timbul sehubungan dengan keterlambatan maupun tidak dapat dilaksanakannya kewajiban akibat Force Majeure.
  3. Para Pihak akan menggunakan upaya yang wajar untuk mengurangi akibat dari suatu keadaan kahar (force majeure). Jika keadaan tersebut terus berlangsung selama lebih dari 60 hari, salah satu Pihak dapat membatalkan Layanan yang belum dilaksanakan dengan pemberitahuan tertulis paling lambat 14 (empat belas) Hari kepada Pihak lainnya. Bagian ini tidak membebaskan kewajiban Pihak manapun untuk mengambil langkah-langkah yang wajar untuk mengikuti prosedur normal pemulihan bencana atau kewajiban PELANGGAN untuk membayar Biaya Bulanan yang telah dikirim atau Layanan yang diberikan atau biaya yang telah ditagihkan.
  4. Setelah keadaan kahar berakhir dan PELANGGAN tidak membatalkan Layanan yang belum dilaksanakan, maka MILENETWORK wajib untuk meneruskan dan memenuhi Layanan yang belum dilaksanakan sesuai dengan yang tercantum dalam Perjanjian ini. Atau apabila PELANGGAN telah membatalkan Layanan yang belum dilaksanakan, maka PELANGGAN melepaskan MILENETWORK dari setiap kewajiban yang belum dilaksanakan sesuai dengan Perjanjian ini.

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

    Setiap perselisihan, sengketa atau perbedaan pendapat (selanjutnya disebut sebagai "Perselisihan") yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan kerjasa- ma akan diselesaikan dengan cara sebagai berikut:

    1. Bahwa setiap Perselisihan, sepanjang memungkinkan, akan diselesaikan dengan cara musyawarah yang harus diselesaikan dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah terjadinya Perselisihan.
    2. Apabila dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari Perselisihan tidak dapat diselesaikan, maka Perselisihan akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Barat. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

LAIN-LAIN

  1. SKU ini dibuat dalam 2 (dua) versi bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apabila terjadi perbedaan pengertian antara versi bahasa, maka Bahasa Indonesia yang berlaku adalah SKU dalam versi Bahasa Indonesia.
  2. Para pihak setuju dan sepakat untuk mengenyampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sehingga perjanjian dapat dibatal-kan tanpa menunggu putusan pengadilan.
  3. Apabila oleh karena suatu sebab, sebagian dari perjanjian ini dibatalkan oleh pengadilan atau menjadi batal demi hukum maka ketentuan tersebut tidakmembatalkan dan/atau mempengaruhi ketentuan lain. SKU ini mengikat dan berlaku terhadap Para Pihak dan penerus serta penerima hak dari masing-masing Pihak.
  4. Formulir Berlangganan ini merupakan suatu pernyataan yang lengkap dan eksklusif atas ketentuan-ketentuan kesepakatan antara Para Pihak dan meng-gantikan seluruh kesepahaman, kesepakatan atau pernyataan sebelumnya antara Para Pihak, baik tertulis maupun lisan, sepanjang hal-hal tersebut ter-kait dengan cara apa pun dengan isi Formulir Berlangganan ini.
  5. MILENETWORK diperbolehkan memberi referensi Layanan ini dalam satu atau lebih siaran media atau kegiatan pemasaran lainnya. Masing-masing Pihak merupakan dua entitas independen dan tidak ada satupun dalam Perjanjian ini akan ditafsirkan menciptakan suatu kemitraan, usaha patungan atau hubungan keagenan. Perjanjian ini ditafsirkan seolah-olah dirancang oleh Para Pihak dan tidak akan ditafsirkan hanya terhadap salah satu Pihak.
  6. PELANGGAN tidak diperkenankan melakukan perubahan media layanan (Fiber Optik) menjadi (Wireless) atau penurunan bandwidth (Downgrade) selama pelaksanaan berlangganan periode pertama sebagaimana yang tercantum dalam angka 5 jangka waktu berlangganan Formulir ini.